Kamis, 15 Januari 2015

Yuk Ajak Bayi Bunda Berenang!



Bayitip.blogspot.com - Yuk Ajak Bayi Bunda Berenang. Ibu jangan khawatir jika mengajak si kecil nyebur di kolam renang. Tenang saja, mereka telah terbiasa berenang di air ketuban dalam kandungan. Ajarilah bayi Anda untuk berenang sejak dini karena berenang adalah bagian dari penyelamatan diri. Usahakan mengajak anak berenang sebelum usia 8 bulan, karena semakin usianya bertamah, ia makin khawatir. 


Bayi bisa diajak berenang sejak ia berusia 3 bulan. Karena jika kurang dari 3 bulan, bayi masih terlalu rawan untuk diajak berada dalam air. Saat kita memasukkan si kecil yang berusia 3 bulan ke dalam air kolam, kakinya secara otomatis akan bergerak membentuk gerakan semacam “paddle dog” sehinggai ia tidak akan tenggelam. Namun jangan serta merta memasukkan bayi ke dalam air. Perhatikan apakah dirinya ketakutan saat didekatkan dengan air. Cobalah untuk mengajaknya bermain-main air di pinggir kolam.

Kini saatnya ibu memperhatikan beberapa hal terkait kondisi air yang akan dipakai untuk si kecil berenang. Aturlah suhu air sebesar 27-30 derajat Celcius karena bayi belum mampu meregulasi suhu tubuhnya sendiri. Selanjutnya, jangan menggunakan kadar klorin yang terlalu tinggi, karena dapat mengiritasi kulit bayi. Anda perlu mengatur kadarnya dari 2,0 sampai 4,0 ppm (parts per million) meski tidak perlu, sampai di bawah 1,0 ppm. Yang terakhir, usahakan membiarkannya berenang dari jangka waktu 15 hingga 25 menit. Itu adalah ukuran minimal dan maksimal seorang bayi berada dalam air.

Simak terus bayitip.blogspot.com untuk mengetahui informasi seputar ibu, bayi dan balita.

0 komentar:

Posting Komentar