Minggu, 12 April 2015

Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Biskuit

http://bayitip.blogspot.com - Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi dengan Biskuit. Gigi susu pada bayi umumnya tumbuh pada usia 6 bulan dan sempurna ketika menjelang usia 2 tahun. Namun tidak sedikit orang tua yang khawatir karena petumbuhan gigi bayi tidak kunjung sempurna meski telah berusia lebih dari 2 tahun.

 
drg Oktri Manesa dari Oktri Manesa Dental Clinic menyatakan bahwa masalah tersebut wajar, sebagaimana kemampuan bicara dan berjalan tiap anak yang berbeda-beda, proses pertumbuhan gigi anak pun berbeda-beda. Faktor yang menyebabkannya bisa jadi merupakan faktor genetik maupun faktor medis.

Faktor genetik yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan gigi anak bisa dideteksi dari riwayat pertumbuhan gigi orang tua. Jika dulu orang tua juga mengalami proses tumbuh gigi yang lambat, saat itulah faktor genetik terjadi pada pertumbuhan gigi yang lambat pada anak. Namun, jika bukan karena faktor genetik, pertumbuhan gigi yang lambat bisa terjadi karena faktor medis, yaitu gigi anak kurang dirangsang dengan makan-makanan yang keras.
Orang tua sering memberikan makan-makanan lunak kepada bayi dan anak, seperti bubur dan semacamnya, sehingga gigi terbiasa dengan makanan seperti itu. Oleh karenananya dokter gigi menyarankan pada orang tua agar merangsang tumbuhnya gigi anak menggunakan makanan yang keras. Biskuit disebutkan sebagai makanan yang baik untuk merangsang pertumbuhan gigi anak, meskipun keras biskuit aman untuk dikonsumsi balita.

Simak terus bayitip.blogspot.com untuk mendapatkan banyak informasi seputar bayi an balita.

0 komentar:

Posting Komentar