Kamis, 16 April 2015

Beri ASI, Perkuat Sistem Pencernaan Bayi

Bayitip.blogspot.comBeri ASI, Perkuat Sistem Pencernaan Bayi. Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama dan utama bagi anak. Pemberian ASI eksklusif pada 6 bulan pertamanya sampai usia 2 tahun, dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya memperkuat sistem pencernaan pada bayi.

 
ASI juga mengandung probiotik yang baik bagi saluran cerna, yaitu Lactobacillus reuteri. Dikatakan DR Dr Saptawati Bardosono, MSc, probiotik ini bermanfaat untuk mencegah 7 gangguan pencernaan yang umumnya dialami balita yaitu kolik, gangguan mengunyah, gumoh, sindrom muntah berulang, dyschesia, sembelit, dan diare fungsional.

Ketika terjadi gangguan pencernaan, probiotik ini membuat mikrobiota di dalam usus kembali seimbang, sehingga fungsi usus membaik. Ingat, agar saluran cerna nyaman dan sehat banyak faktor berperan, salah satunya pemilihan bahan makanan. Bagi anak, ASI adalah salah satu sumber makanan terbaik, apalagi ada probiotik alaminya.

Menurut Prof DR Dr Soebijanto Marto Sudarmo SpA(K), ASI juga mengandung kuman-kuman yang baik, salah satunya adalah L.reuteri, di mana probiotik tersebut berguna mendorong usus agar bisa bekerja dengan baik. Dengan kata lain, ASI bisa mempersiapkan organ pencernaan anak untuk menerima makanan lain. Maka, berilah ASI eksklusif pada si buah hati, di samping memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) agar sistem pencernaannya menjadi lebih kuat dan tidak rentan terkena diare.
Simak terus informasi seputar pengasuhan bayi di sini ya.

0 komentar:

Posting Komentar