Kamis, 20 Februari 2014

Penanganan Batuk Pilek - Demam pada Si Kecil

Demam yang diawali oleh batuk pilek ringan adalah akibat infeksi virus. Hal ini lumrah terjadi pada balita diatas 6 bulan. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh si kecil belum bekerja dengan optimal. Di samping itu, asupan ASI bayi diatas 6 bulan sudah mulai berkurang sejak mereka mengkonsumsi makanan tambahan atau yang lazim kita sebut dengan MPASI. Padahal ASI adalah salah satu faktor pemberi kekebalan tubuh pada bayi.

Lantas, Apa yang harus dilakukan Ayah - Bunda?
Jika si kecil mengalami batuk pilek disertai demam, Ayah Bunda harus waspada tapi tidak perlu begitu panik. Para ahli kesehatan spesialis anak telah menjelaskan bahwa batuk pilek ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari tanpa harus memberikan obat kimia. Dokter-dokter di Amerika bahkan tidak merekomendasikan para orang tua untuk memberikan obat batuk pilek pada balita dibawah 4 tahun.

Sering muncul salah kaprah bahwa kalau si kecil sakit, harus selalu diberi obat. Hal ini harus difahami dengan baik karena sebenarnya obat batuk pilek yang banyak beredar dipasaran tidak menghilangkan sumber penyakit. Obat-obat tersebut hanya meredakan tanda-tanda (simptom) dari penyakit bukan menghapus si virus penyebab penyakit.

Jadi, jangan tergesa - gesa memberikan obat pada si kecil jika yang datang sekedar batuk pilek dan demam.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar